Jumat, 25 November 2011

sorogan dan tradisi pesantren

nyantri. jangan sampai. ini pengalaman ku ketika kau bersekolah di bangku MTs ketika itu kau sering melihat temanku yang mondok itu sering mengantuk di kelas dan kurang bisa dalam pelajaran. maka dari itu aku tidak mau mondok. tapi aku salah besar mengenai hal itu. justru dengan mondok kita di latih untuk dewasa sebelum waktunya. dengan mondok kita tahu begitu banyak karakter ornag -orang dari seluruh pelosok daerah.
ada nbnayak tradisi pesantren yang sangat berguna dan sering kita jumpai di masyarakat. kalau ketika mondok kita masih berani mengolok -olok teman -teman kita yang mungkin agak berbeda tapi di masyarakat hal itu tdak akan bisa kita lakukan lagi karena jika kita lakukan maka kita akan di cap sebagai orang ynag sinis dan menganggap diri yang paling baik.
ya sudah kembali ke sorogan. apa sebenarnya apa yang bisa kita dapatkan dari sorogan sebenarnay manfaat yang bisa kita dapatkan sangat banyak sekali. diantaranya melatih untuk mandiri. mendapatkan ilmu yang bermanfaat memang harus dengan bimbingan guru tapi dengan sorogan maka kita akan terbiasa untuk menadpatkan ilmu dan juga memahami ilmu.melalui sorogan semua detail dari kitab yang akan kita oelajari akan kita amudah ketahui karena kita tahu per kata yang akn kita ucapkan pada kyai kita. tidak mungkin kita akan sorogan sementara kita amsih tidak tahu apa-apa.
enatah mengapa berhadapan dnegan kyai selalu membuatku deg -degan mungkin akrena atmosfir beliau yang penuh barokah jadinya aku mungkin agak canggung.
aku memnag menyesal kenapa akau tdiak mondok sejak dahulu, tapi inilah takdir Allah. aku akan mondok selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar