Minggu, 11 Juli 2010

TUGAS AKHIR PPL

BAB I

Dewasa ini banyak terdapat sebuah fenomena, yaitu mengenai integritas guru yang dipertanyakan. Guru sebagai elemen suatu bangsa menduduki posisi paling penting dari semua profesi yang ada.

A. Latar Belakang
Berdasarkan UU No 22, 23, 24 tentang standar sis SKL (Standar Kompetensi Lulusan), Implementasi dan Silabus. Berdasarkan Surat Keputusan dari MA NU Mu’allimat Kudus mengenai tugas PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) sebagai salah satu syarat untuk dimasukkan dalam nilai ujian lokal dan sebagai tugas akhir di kelas XII MA NU Mu’allimat Kudus.

B. Sistematika Laporan
Sistematika Laporan PPL yang dimaksud disini adalah meliputi :
1. Pendahuluan
2. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan
3. Penutup

C. Metode Pembelajaran
Metode yang dilaksanakan dalam PPL bermacam-macam dan bervariasi, seperti oleh praktikan sebagian menggunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, games, tanya jawab, merngkum , diskusi dan pemberian tugas. Berhasil dan tidaknya PBM (Proses Belajar Mengajar) diseduaikan dengan kapasitas guru praktikan masing-masing menurut situasi dan kondisi anak-anak.

D. Tujuan PPL
Adapun Tujuan PPL :
1. Untuk memenuhi persyaratan pengisian nilai mata ujian lokal
2. Untuk menambah wawasan praktikan di bidang keilmuan
3. Mampu belajar sesuai dengan situasi yang berlaku
4. Mencurahkan segala kemampuan yang ada dengan sungguh hati
5. Bekerjasama dengan kondisi yang mantap dan optimal
6. Bersaing dengan madrasah lain dan profesional
7. Melihat sejauh mana perkembangan MI NU Khoiriyyah dan juga menambah pengalaman guru praktikan.
BAB II

Dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan harus berdasarkan :
1. Kurikulum
Kurikulum yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
UU Nomor 22 tahun 2003
PP Nomor 19 tahun 2005
Permendiknas No 22 tahun 2006
Permendiknas No 23 tahun 2006
Permendiknas No 24 tahun 2006

2. Silabus
Silabus yang dilaksanakan juga berdasarkan Permendiknas (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) No. 22, 23, 24 tahun 2006

3. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Merupakan proses pembelajaran (PBM) yang dibuat oleh guru praktikan dalam persiapan mengajar di kelas yang berupa tatap muka. Tetapi berhasil dan tidaknya proses pembelajaran di kelas tergantung kemampuan guru praktikan dan kondisi anak-anak.
4. Kaldik (Kalender Pendidikan)
Kaldik yang dilaksanakan/digunakan di MI NU Khoiriyyah adalah dari Dinas, Depag. Keduanya dipadukan menjadi Kaldik yang disusun dari Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.
5. Kehadiran Siswa
Rata-rata kehadiran siswa dalam pelaksanaan PPL adalah …….dengan rincian :
a. Kelas Ia : 97,8%
b. Kelas I b : 98,8 %
c. Kelas II : 98,7%
d. Kelas IV : 99 %
e. Kelas V : 98 %



6. Madrasah
Madrasah adalah lembaga pembelajaran yang dikelola oleh Departemen Agama berdiri dengan landasan agama Ialam. Untuk memperoleh pendidikan formal. Sebagaimana umumnya di sekolah lain waktu belajar megajar di MI NU Khoiriyyah adalah mulai pukul 07.00 – 12.00. Dengan jumlah jam per minggu kelas I – II adalah dan kelas III – IV adalah 32 jam pelajaran dengan jumlah guru 14 orang.






























BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dalam pelaksanaan PPL, praktikan yang disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa:
1. Praktikan mampu memeperoleh ilmu yang diperoleh selama PPL yang kelak dapat dijadikan sebagai bekal untuk menjadi guru yang profesional. Insya Allah
2. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan persiapan yang matang dan sistematik yaitu dengan melakukan pembuatan RPP yang dijadikan sebagai acuan dalam menyampaikan materi di dalam kelas.
3. MI NU Khoiriyyah Bae Kudus sudah memberikan kepercayaan kepada para praktikan dari MA NU Mu’allimat Kudus untuk mengajar peserta didiknya selama kurang lebih satu minggu.
4. PPL adalah kegiatan perpaduan antara teori dan praktek yang didapat dari pelajaran prektek mengajar di MI NU Khoiriyyah Bar Kudus kemudian di aplikasikan dalam rangka pengemban kompetensi dan profesionalisme guru praktikan.

B. Saran
Agar PPL dapat meningkatkan wawasan kependidikan dengan lebih baik di masa yang akan datang maka guru praktikan memberi saran sebagai berikut :
1. Penyelenggara MA NU Mu’allimat
Diharapkan dari pihak MA NU Mu’allimat dalam memberikan bimbingan dan pembekalan kepada guru praktikan yang akan terjun ke lapangan lebih baik dan maskimal. Supaya guru praktikan menjadi benar-benar siap dan profesional.
2. Pihak MI NU Khoiriyyah Bae Kudus
Jalinan hubungan yang sudah ada antara lembaga penyelenggara PPL dan lembaga yang ditempati hendaknya harus dijaga keharmonisannya dan selalu meningkatkan dan mempertahankan kegiatan yang ada di MI NU Khoiriyyah sebagai tempat pengembangan keilmuan, bakat dan kreatifitas peserta didik. Semoga menjadi lembaga yang lebih maju dalam prestasi dan kualitasnya.


3. Para pengajar
Semoga dari semua yang telah diajarkan dapat bermanfaat bagi peserta didik di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus dan bagi guru praktikan mendapat ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang berharga selama PPL di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus
4. Peserta didik
Untuk peserta didik kami do’akan agar bersungguh-sungguh dalam belajar dan menggapai cita-cita yang diimpikan. Dan semoga ilmu yang didapat bermanfaat di dunia dan di akherat.
5. Penutup
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas semua taufiq, hidayah serta inayahNya. Semoga apa yang kami tulis dalam laporan ini bermanfaat bagi semua pihak khususnya bagi para guru praktikum


Kudus, 6 Februari 2010
Ketua DPL



Alfi Muhimmatul Fauziyyah















LAMPIRAN

1. Visi, Misi, Tujuan MI NU Khoiriyyah
2. Daftar guru dan wali kelas MI NU Khoiriyyah
3. Denah ruang / lokal MI NU Khoiriyyah
4. Kalender pendidikan
5. RPP
6. Silabus
7. Jadwal pelajaran MI NU Khoiriyyan tahun pelajaran 2009 / 2010
8. Susunan kepanitiaan PPL MA NU Mu’allimat 2009/2010
9. Jam tugas mengajar PPL MA NU Mu’allimat 2009 / 2010
10. Daftar kehadiran PPL MA NU Mu’allimat 2009 / 2010
11. Jadwal piket PPL MA NU Mu’allimat 2009 / 2010























1. Visi, Misi, Tujuan MI NU Khoiriyyah

Visi : Terdepan dalam prestasi, berpredikat Islam, Ahlussunnah Wal Jama’ah
Misi : Menyiapkan generasi cerdas, terampil, mandiri, tangguh menghadapi tantangan, beramal shaleh, berpikir ilmiah serta bertanggung jawab
Tujuan : 1. Mempunyai landasan keimanan dan ketaqwaan
2. Mampu dan fasih dalam membaca Al Qur’an
3. Mau beramal sesuai ilmu yang didapat
4. Bertindak berdasar pemikiran logis, kreatif dan inovatif
5. Unggul dalam prestasi dan menajdi dambaan masyarakat
6. Unggul dalam persaingan dijenjang sekolah lanjutan

2. Daftar Guru dan Wali Kelas MI NU Khoiriyyah
Kamad : Abdul Azis, A. Ma
Wakamad : Mundiah, A.Ma
TU : Zumaroh
Komite : Moh. Anwar
Wali Kelas 1a : Noor Faizah
1b : Laily Noor Faidah
II : Sulasih
IIIa : Idris
IIIb : Suyateno, S.Ag
IV : Muhtadi
V : Atik Zulfadah
VI : Mundiah, S.Ag
Pramuka : Suyateno, S.Ag
Agama : Ridlwan
UKS : Idris
Olah Raga : Subarkah, S.Pd
B. Inggris : Muhtadi
Komputer : Subarkah

Guru Piket :
S : Laily NF, Suyateno S : Subarkah, Asmuul Husna
A : Ridlwan, Noor Faizah R : Atik Zulfaidah, Moh. Anwar
S : Sulasih, Muhtadi K : Zumaroh, Idris
3. STRUKTUR ORGANISASI PPL MA NU MU’ALLIMAT
Di MI NU KHOIRIYYAH

Ketua : Alfi Muhimmatul Fauziyyah ( XII IPA 2 )
Sekretaris I : Shofiana Ulfa ( XII IPA 1 )
Sekretaris II : Qisthiyah ( XII IPS 1 )
Bendahara I : Ulin Ni’mah ( XII IPS 3 )
Bendahara II : Niswatun Amanah ( XII IPA 1 )
Sie. Acara : 1. Septiana ( XII IPA 2 )
2. Dewi marthasari ( XII IPS 1 )
3. Rohmatul Mustaqofil Muna ( XII IPS 3 )
Sei. Konsumsi : 1. Diana Z.F ( XII IPA 2 )
2. Ardiyanti Elya Kadarsih ( XII IPS 1 )
Sie. Dekdok : 1. Siti Noor Imaroh ( XII IPA 1 )
2. Zumatul Ulya ( XII IPS 3 )
Sie. Humas : 1. Iffah Chifdiyyah ( XII IPA 1 )
2. Arrifatul Ahla ‘Ainus Salamah ( XII IPA 2 )
3. Rif’ani Maulida ( XII IPS 2 )


















4. JAM TUGAS MENGAJAR PPL MA NU MU’ALLIMAT
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARI NAMA MENGAJAR KELAS JAM
Sabtu Adianti E. Kadarsih MTK I A 2 dan 3
Dewi Marta Sari Kertangkes I A 4 dan 5
Rif’ani Maulida B. Indonesia I B 2 dan 3
Rohmatul Mustaqofil Fiqih I B 4 dan 5
Iffah Chifdiyyah MTK III A 2 dan 3
Shofiana Ulfa Tauhid III A 7 dan 8
Arifatul Ahla A B. Indonesia III B 4, 5, 6
Diana Zahrotul F B. Inggris IV 2 dan 3
Septianti B. Indonesia IV 4, 5, 6
Niswatun Amanah IPA IV 7 dan 8
Ulin Ni’mah SKI V 2 dan 3
Zumrotul Ulya IPA V 4 dan 5
Siti Nor Imaroh BTA V 7

Ahad Qistiyyah MTK I A 1 dan 2
Adianti Elya K PKN / IPS IA 3 dan 4
Siti Noor Imaroh Aqidah Akhlaq I A 5 dan 6
Dewi Marta S B. Indonesia I B 1 dan 2
Rif’ani Maulida Qur’an Hadist I B 3 dan 4
Qistiyyah B. Inggris I B 5 dan 6
Ulin Mi’mah PKN II 1 dan 2
Zumrotul Ulya IPS II 3 dan 4
Alfi Muhimmatul F B. Jawa II 5 dan 6
Niswatun Amanah MTK III A 1, 2, 3
Shofiana Ulfa IPA III A 4, 5, 6
Arifatul Ahla IPA III B 1, 2, 3
Diana Zahroul F MTK III B 4, 5, 6
Alfi Muhimmatul F IPA IV 1 dan 2
Rohmatul Maulida MTK IV 4, 5, 6
Iffah Chifdiyyah MTK V 1, 2, 3
Septianti B. Arab V 4 dan 5
Senin Septianti B. Indonesia I A 1 dan 2
Diana Zahrotul F BTA I A 3 dan 4
Alfi Muhimmatul F MTK I B 1 dan 2
Arifatul Ahla Aqidah Akhlaq I B 3 dan 4
Siti Noor Imaroh MTK II 1 dan 2
Shofiana Alfa IPA II 3
Niswatun Amanah IPS III A 1, 2, 3
Iffah Chifdiyyah B. Indonesia III A 4, 5, 6
Zumraul Ulya B. Indonesia III B 1, 2, 3
Ulin Ni’mah MTK III B 4, 5, 6
Rohmatul Mustaqofil b. Indoneisa IV 1, 2, 3
Rif’ani Maulida Qur’an Hadist IV 4 dan 5
Qistiyyah Qur’an Hadist V 1, 2
Dewi Marta Sari B. Indonesia V 4, 5, 6

Selasa Qistiyyah B. Indonesia I A 1 dan 2
Rif’ani Maulida Fiqih I A 3 dan 4
Rohmatul Mustaqofil Matematika I B 1 dan 2
Ulin Ni’mah IPA I B 3 dan 4
Niswatun Amanah Qur’an Hadist II 1 dan 2
Iffah Chifdiyyah B. Inggris II 3
Zumraul Ulya Penjaskes III A 1 dan 2
Shofiana Alfa B. Indonesia III A 4, 5, 6
Siti Noor Imaroh Penjaskes III B 1 dan 2
Arifatul Ahla B. Arab III B 4, 5
Alfi Muhimmatul F Matematika IV 1, 2, 3
Diana Zahrotul F Penjaskes IV 4, 5
Adianti E.K B. Indonesia V 1, 2, 3
Dewi Marta S Matematika V 4, 5, 6

Rabu Septianti Penjaskes I A 1 dan 2
Adianti E.K B. Jawa I A 3 dan 4
Dewi Marta S Penjaskes I B 1 dan 2
Diana Zahrotul F B. Indonesia II 1 dan 2
Rif’ani Maulida Penjaskes II 3 dan 4
Rohmatul Mustaqofil Aqidah Akhlaq III A 1 dan 2
Ulin Ni’mah IPA III A 4
Zumraul Ulya IPA III B 1
Iffah Chifdiyyah Aqidah Akhlaq III B 4 dan 5
Niswatun Amanah IPA IV 4, 5, 6
Alfi Muhimmatul F IPS V 1, 2, 3
Siti Noor Imaroh Fiqih V 4 dan 5

Kamis Alfi Muhimmatul F MTK I A 3 dan 4
Qistiyyah IPA I A 5 dan 6
Septianti B. Indonesia I B 1 dan 2
Dewi Marta S MTK I B 3 dan 4
Adianti E.K Kertangkes I B 5 dan 6
Adianti E.K MTK II 1 dan 2
Shofiana Alfa B. Indonesia II 3 dan 4
Niswatun Amanah B. Indonesia II 5 dan 6
Shofiana Alfa Fiqih III A 1 dan 2
Iffah Chifdiyyah B. Arab III A 4 dan 5
Rif’ani Maulida Kertangkes III A 7 dan 8
Rohmatul Mustaqofil Fiqih III B 1 dan 2
Siti Noor Imaroh IPS III B 4, 5, 6
Arifatul Ahla PKN III B 7 dan 8
Arifatul Ahla B. Arab IV 1 dan 2
Ulin Ni’mah Fiqih IV 4 dan 5
Qistiyyah SKI IV 7 dan 8
Zumraul Ulya Aqidah Akhlaq V 1, 2, 3
Septianti Penjaskes V 4 dan 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar